MOTIVASI DAN KEPRIBADIAN ALLPORT




Novia Zahra Zakiah (19310410025)

Psikologi Kepribadian II 

Dosen Pengampu : Fx Wahyu Widiantoro, S.Psi., MA.



Gordon Allport merupakan psikolog yang memiliki gelar doktor dari Harvard University. Ia lahir di Amerika pada tanggal 11 november 1897 dan meninggal pada tanggal 9 oktober 1967. Dibandingkan pakar teori yang lain, Allport lebih menekankan pada keunikan individual. Ia meyakini jika mendeskripsikan manusia dalam bentuk sifat yang umum, maka akan merampas keunikan individual tersebut.

KEPRIBADIAN

Allport mengeluarkan 49 definisi kepribadian. Hingga akhirnya ia menawarkan definisi yang ke-50. Namun pada tahun 1961 ia mengubang bagian akhirnya menjadi: “organisasi dinamis dari sistem psikofisik  individu yang menentukan karakteristik perilaku dan pikirannya”.

Menurut Allport, kepribadian mencakup sistem fisik dan psikologis, meliputi perilaku yang terlihat dan pikiran yang tak terlihat, serta tidak hanya merupakan sesuatu tetapi melakukan sesuatu. Kepribadian adalah substansi dan perubahan, produk dan proses, serta struktur dan perkembangan.

MOTIVASI

Allport meyakini bahwa kebanyakan orang termotivasi oleh dorongan yang dirasakannya daripada dengan kejadia-kejadian yang terjadi pada masa lalu. Allport juga menekankan pada pentingnya motivasi yang disadari. Namun, ia ia tidak mengabaikan pentingnya proses yang tidak disadari. Ia menyadari sebuah fakta bahwa beberapa motivasi didorong oleh impuls-impuls yang tersembunyi dan dorongan-dorongan yang tersublimasi.

Selain kepribadian dan motivasi, Allport juga mengemukanan karakteristik pribadi yang sehat. Menurut Allport, pribadi yang sehat biasanya mempunyai masa kecil yang relatif tidak traumatis walaupun pada tahun-tahun berikutnya mereka dapat menghadapi konflik ddan penderitaan. Individu yang sehat secara psikologis tidak terbebas dari kelemahan-kelemahan ataupu keanehan-keanehan yang membuat mereka unik. Selain itu, untuk menjadi dewasa tidak diperlukan umur.




Daftar Pustaka:

Feist, Jess, Gregory J. Feist. 2013. Teori Kepribadian Edisi 7. Jakarta: Salemba Humanika.

Suryabrata, Sumadi. 2011. Psikologi Kepribadian. Jakarta: Rajawali Pers.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teori Hirarki Kebutuhan Maslow

PSYCHOLOGY POSITIVE THEORY SELIGMAN-MISCHEL

BANDURA SOCIAL LEARNING