Teori Hirarki Kebutuhan Maslow

Novia Zahra Zakiah
Fakultas Psikologi
Universitas Proklamasi 45
Psikologi Kepribadian II
Dosen Pengampu: Fx. Wahyu Widiantoro S. Psi., M. A

 



Abraham maslow merupakan tokoh pelopor aliran psikologi humanistik. Ia merupakan psikolog asal Amerika. Selain itu, ia juga merupakahn tokoh psikologi yang mengemukakan sebuah teori yang disebut Maslow’s Need Hierarchy Theory atau A Theory of Human Motivation.

Menurut Maslow, terdapat lima macam kebutuhan dasar yang senantiasa dialami seorang individu. Persepsi seseorang terhadap lima kebutuhan dasar ini yang menjadi faktor pendorong sebuah reaksi motivasi (Iskandar, 2016).

 



Source: http://windasrk.blogspot.com/2015/09/teori-hierarki-kebutuhan-maslow.html

 

Maslow berpendapat bahwa setiap kebutuhan dasar tersebut harus terpenuhi dengan cukup dari level yang paling rendah yaitu fisiologis. Lalu setelah itu, kebutuhan berikutnya seperti keamanan dan keselamatan, sosial, harga diri dan aktualisasi diri harus dipenuhi secara berurutan.

Tingkah laku manusia ditentukan oleh kecenderungan individu untuk mencapai tujuan agar kehidupan si individu lebih berbahagia dan sekaligus memuaskan (Maslow, Minderope, 2011: 280). Manusia juga di motivasi oleh kecenderungan atau kebutuhan untuk mengaktualisasi, memelihara dan meningkatkan dirinya.

Kelima kebutuhan Maslow disebut sebagai kebutuhan dasar, tetapi bukan merupakan kebutuhan bertahan hidup. Dalam teori ini, ketika kebutuhan dasar sudah terpenuhi dengan cukup maka kebutuhan berikutnya menjadi dominan. Menurut Robbins dan Thimoty (2009), jika dilihat dari sudut motivasi, teori tersebut mengatakan bahwa meskipun tidak ada kebutuhan yang benar-benar dipenuhi, sebuah kebutuhan yang pada dasarnya telah dipenuhi tidak lagi memotivasi (Elisa Sari dan Rian Dwiarti, 2018).

 

Daftar Pustaka:

Hikma, Nur. 2015. Aspek Psikologis Tokoh Utama dalam Novel Sepatu Dahlan Karya Khrisna Pabichara (Kajian Psikologi Humanistik Abraham Maslow). Jurnal Humanika. 3(15).

Iskandar. (2016). Implementasi Teori Hirarki Kebutuhan Abraham Maslom terhadap peningkatan kinerja pustakawan. Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, dan Kearsipan Khizanah Al- Hikmah. 4(1), 24-34.

http://psikologi.uin-malang.ac.id/wp-content/uploads/2017/02/10-Abraham-Maslow.pdf

http://windasrk.blogspot.com/2015/09/teori-hierarki-kebutuhan-maslow.html

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

PSYCHOLOGY POSITIVE THEORY SELIGMAN-MISCHEL

BANDURA SOCIAL LEARNING